Anti-Bisnis-MLM dan Bisnis Investasi Bodong

Juni 4, 2008

Ndobos Ala MLM

Filed under: Berita Anti MLM — by antibisnismlm @ 11:35 am
Tags: , , , ,

Sebenarnya saya nulis tentang ini akibat gak tahan dikejar-kejar orang MLM dan yang lebih parah ndobosnya (membual) itu loh. Saya sudah berkali kali di presentasi Amway lah, K-Link lah, Tianshi lah. Tapi yang paling sering sih ama Tianshi. Teman-teman saya banyak yang join, entah serius dari lubuk hati yang paling dalam atau hanya sekedar ikut-ikutan kayak bebek. Akhirnya saya lah yang dijadikan target atau sasaran presentasi oleh teman-teman saya baik untuk sekedar coba-coba latihan presentasi maupun yang keliatannya sudah mahir presentasi.

Yang lebih menjengkelkan adalah ndobos mengenai cepat kaya lah, entar dapet BMW lah, Villa mewah lah, yang ngeri lagi dapet pesawat terbang….hehehehe kalau jual ndobosan, orang Indonesia memang jagonya lah, gak ada yang ngalahin, NUMERO UNO.

Yang lebih tidak mengenakkan adalah kalau menyangkut ke masalah orang tua atau keluarga. Misalnya ndobos seperti ini :

“Kira-kira mau gak kamu membahagiain Ortu kamu? Merubah hidupmu dan membantu Ortu kamu, jadi kamu tidak lagi membebani ortu mu dari segi finasial. Kasian loh orang tua kita, mereka udah cukup lama menghidupi kamu, sekarang giliran kamu yang membiayai mereka…….nah lewat MLM inilah kamu bisa mewujudkannya..”

Atau menyangkut atau mengungkit-ungkit masalah pekerjaan orang. Misalnya ndobos seperti ini :

“Lewat MLM kamu bisa mewujudkan bebas finansial atau passive income, gak usah kerja lagi uang tetap mengalir. Coba lihat kerjaan mana lagi yang bisa seperti MLM. apa mau kamu kerja ikut orang seumur hidup dengan gaji pas-pasan? “

“ gua kasihan sebenarnya ama lu yang kerja ikut orang lah, instansi lah, coba deh lu baca bukunya Robert Kiyosaki tentang casf flow quandrant ama business school. Bagus banget man!! Pikiran lu pasti akan kebuka. Coba deh baca.”

Apalagi jika sudah menyangkut kekayaan, entah kekayaan siapa tuh yang nyangkut. Berikut contoh ndobosannya :

“kalau ikut MLM, kita bisa menjadi golongan Ultra Kaya seperti Bill Gates dan Warren Buffet.”

“HARUS BERPIKIR KAYA DULU WALAU BELUM KAYA KOK MIKIR DAPET 100 JUTA PERBULAN AJA TAKUT, APALAGI MIKIR 1 MILYAR PERBULAN Takut jadi ayo BERPIKIR KAYA !!! …….kuitipan motivasi bapak Luis Tendean (Tianshi) yang sering digunakan oleh teman saya untuk ndobos.

Sebenarnya saya setuju kalau bisnis MLM tuh bisa mengubah keadaan finansial, dari seret jadi lancar, dari yang urakan jadi sopan, dari bermental pengemis jadi bermental mandiri, dan sebagainya. Tapi juga harap diingat, menurut saya, agak kurang sreg jika kita meraih sukses dengan mengorbankan orang (downline) yang jumlahnya seabrek banyaknya. Ibarat menanggung dosa yang berat gituh.

Apalagi para penggiat MLM atau biasa disebut MLMmers cenderung menjudge seseorang tidak akan sukses jika tidak ikut MLM, dibantu sukses kok tidak mau, atau yang paling kasar dengan ndobos “entar kalau gua dah dapet BMW, gua akan kerumah lu subuh-subuh dan gua klakson rumah lu biar lu sadar ini nyata”…..ha ha ha ha silahkan saja kalau berani, pasti dah di timpuk tuh mobil ama tetangga yang keganggu tidurnya.

Yang paling aneh dari hasil akhir berbisnis MLM adalah passive income (gak usah kerja lagi dapet duit), nyatanya top leader Amway si Robert Angkasa saja masih ngelakuin presentasi (padahal peringkat dah setinggi langit, mana passive incomenya???), trus ada juga Top Leader Tianshi seperti Luis Tendean, Diah Safitri, Edo, kok masih melakukan sebagai pembicara seminar, ke sana kemari kelilingan ngejar setoran….katanya passive income. Kira-kira bisa gak ya, kalau leader tadi, katakanlah dah passive income, gak usah lagi ngurusin bisnisnya alias cuti 1 tahun gituh???

Yang di ndobosin ternyata tidak terbukti, katanya lagi dengan berbisnis MLM membuat pasangan kita (bagi yang sudah berkeluarga) semakin lengket dan harmonis, tapi kenyataannya si punggawa Amway Robert Angkasa saja sampai digugat cerai oleh istrinya si Ranti. Nih saya kasih faktanya di website PN Jaksel http://www.pn-jakselkota.go.id/ kemudian di bagian search atau cari ketik Robert Angkasa, maka akan keluar data seperti ini :

Tanggal : 19 Jul 2007
No. Perkara : 778/Pdt.G/2007/PN.Jak.Sel.
Perkara : Perceraian
Penggugat : Emilia Elfiranti Adimadi
Tergugat : Robert Angkasa
Ketua Majelis : Eddy Joenarso, SH.
Anggota : 1. Eddy Risdianto, SH.
2. Syafrullah Sumar, SH.
Panitera Pengganti : A Endro C, SH.
Agenda :
Tanggal Putusan : 19 Jul 2007

kalo ga salah soal Robert Angkasa itu benar digugat cerai si istri karena suami tidak bekerja dan menafkahi sama sekali. Nah loh???? Ingat loh, kalau si Ranti adalah istri ke dua Robert Angkasa, jadi dulu Robert Angkasa juga bercerai dengan istri pertamanya yaitu Sandra pada saat mencapai peringkat Diamond. Silahkan cek di http://www.amquix.info/amway_divorces.html

Sebenarnya bisnis MLM menarik gak sih? Kok banyak fakta yang terjadi tidak sesuai dengan apa yang dindoboskan ya? Ah namanya aja cuma ndobos, ya hasilnya memang seperi itu tuh..

Ahhh udah deh males sebenarnya bahas kayak gini, mending topik yang lain aja lah………………uaaahhhh jadi ngantuk nih…

85 Komentar »

  1. Hwaaaa…..ka….ka…..

    Si TREBOR, eh ROBERT ANGKASA nyang ngakunya pernah kerja di Citibank ituh, yah….???

    Goblog sekalee diya, sampe dicerai bini. Otaknya pasti di pantat tuh….

    😆

    Komentar oleh mbelgedez — Juni 4, 2008 @ 12:44 pm |Balas

  2. intinya si Robert Ngangkasa sudah bercerai dengan istri pertamanya kalau gak salah namanya Sandra, nah kawin lagi dengan istri yang kedua namanya Ranti, yang selanjutnya lagi proses cerai di JakSel

    Komentar oleh antibisnismlm — Juni 5, 2008 @ 3:38 am |Balas

  3. Blog baru anti MLM ya?
    Akhirnya semakin banyak orang Indonesia yang sadar bahwa ada yang tidak beres dengan bisnis MLM.
    Dan semoga dengan blog ini bisa lebih banyak lagi yang bisa disadarkan.
    Salam kenal buat semuanya….

    Komentar oleh Cronus666 — Juni 5, 2008 @ 5:13 am |Balas

  4. Kalo ga mulut besar dan membual kesana kemari namanya bukan MLM…..

    Soale harga barang barang yang dijual lewat di MLM, mahal banget dibanding produk yang sama dijual secara konvensional. Makanya kalo ga pake kibul2an, siapa yang mau beli.

    Komentar oleh Gamebell — Juni 5, 2008 @ 9:05 am |Balas

  5. bwakakakka…
    tenang mas.. tenang..
    **kipaskipas**

    Komentar oleh tikabanget™ — Juni 5, 2008 @ 10:34 am |Balas

  6. Waaaa………

    Nyang punya Blog lagee ngedit….

    Komen sayah ngilang,…

    Post nya jugak ilaaang….

    Mana tuh TDW nya…???

    Komentar oleh mbelgedez — Juni 5, 2008 @ 12:14 pm |Balas

  7. Wah… rupanya tidak sesuai dengan kenyataannya ya?

    Komentar oleh Emanuel Setio Dewo — Juni 5, 2008 @ 12:15 pm |Balas

  8. Inih tulisan tentang TDW udah ketemu. Ternyata dibuwang ke Blogspot….

    TDW BUANG DUIT 100 JUTA

    Sebelum tanggal 1 juni 2008, Tung D.W sang motivator yang mengusung Kebebasan Finansial akan melakukan hal yang lain dari yang lain, kalau boleh dibilang otaknya agak tidak beres, mungkin akibat terlalu sering berbicara Kebebasan Finaansial tiap hari, tiap kali seminar, atau tiap kali ketemu orang kali ya, si Tung D.W melakukan aksi sebar duit Rp. 100 juta rupiah dari atas pesawat yang disewanya. Menurut beberapa sumber informasi, masih belum diketahui dimana letaknya akan disebar tuh duit ratusan juta rupiah. Berikut cuplikan artikel dari kompas,
    Sebenarnya apa sih maksud dari Tung D.W melakukan hal tersebut? Apa mau mencari sensasi publik? Apa mau memberikan hiburan kepada masyarakat yang lagi bete akibat kenaikan BBM dan BLT yang tidak adil? Atau mau memberikan bantuan kepada orang tidak mampu, sehingga duit harus disebar dari langit supaya semua dapat berdasarkan asas keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia??
    Ternyata, Tung D.W menyindir strategi marketing yang hanya mengedepankan citra atau branding (loh??). Selain itu juga ingin menyadarkan orang agar hati-hati berinvestasi dalam beriklan di televisi, pasang baliho besar-besaran, tapi uang yang keluar tidak sebanding dengan apa yang di dapat (berarti pasang iklan dan baliho jelek!!sebar duit bagus!!! Begitukah??).
    Lantas saya berpikir, memangnya dengan memasang iklan di TV atau pasang Baliho besar-besaran hasilnya tidak sesuai dengan apa yang di targetkan!! Apa salah? Coba deh anda lihat iklan Pro XL yang ada di TV juga baliho gede yang ada di pinggir jalan, atau iklan rokok Djarum Super misalnya. Apa perusahaan XL dan Djarum itu bodoh?? Ya enggak lah, mereka punya strategi marketing dalam meningkatkan citra merek atau brand mereka masing-masing. Emangnya harus mengikuti car Tung D.W yang harus sebar duit lewat pesawat. Berarti jika perusahaan XL dan Djarum (jika mengikuti saran Tung D.W) harus menyebar duit, kira-kira ada sebanyak ratusan miliyar rupiah – hingga triliyunan rupiah (itulah biaya iklan mereka di TV dan baliho) yang harus disebar, waowww bisa hujan uang terus nih di Indonesia, sangat jarang loh?
    Suatu pemikiran aneh bin bodoh si Tung D.W. Waktu saya baca koran Jawa Pos tersebut, saya lalu minta pendapat dari teman-teman saya yang kebetulan lagi pada ndobos-ndobosan. Tanggapan dari mereka variatif, ada yang setuju banget tapi usahakan rutin aja, kalau bisa keliling kota gituh (kayak tour grup band). Ada juga teman saya yang berpendapat kalau si Tung ini kurang kerjaan (mungkin bosan tiap hari ngitung duit melulu). Yang lain mengatakan kalau tindakan si Tung ini tidak etis dan bisa menyinggung beberapa pihak terutama yang seprofesi sebagai motivator.
    Sungguh janggal dari aksi sebar duit ratusan juta rupiah, coba kalau Tung D.W melakukan dengan cara yang lain, misalnya dengan memberikan bantuan sosial ke panti asuhan, panti jompo, anak-anak cacat, anak-anak putus sekolah, atau kalau perlu membantu beberapa sekolah yang rusak. Kan lebih bermutu dan bermanfaat bagi bagi bangsa dan banyak orang. Atau kalau perlu melakukan penanaman pohon yang sesuai dengan tema Global Warming. IIINGGGAAT uang 100 juta bukan jumlah sedikit loh!!! Mungkin bagi Tung D.W uang ratusan juta adalah receh, yang selayaknya harus disebar dari langit.
    Aneh…aneh…ditengah kehidupan yang lagi carut marut malah ada orang yang bertindak bagaikan orang yang sudah tidak lagi suka akan uang…………….
    Bagaimana nih pendapat teman-teman atas aksi sebar duit Tung D.W ini??

    HE….HE….HE……

    🙄

    Komentar oleh mbelgedez — Juni 5, 2008 @ 12:51 pm |Balas

  9. kunjungan balik ni mas, langsung masuk anti MLM huahahahahaha, makanya Bos Mbel semangat banget kasih komeng :)), tukeran blog roll ya mas, salam kenal balik dari sesama warga Gudeg.

    Komentar oleh Tyok — Juni 6, 2008 @ 1:42 am |Balas

  10. @mbel :
    thanks mbel dah nemuin tulisanku. di blogspot itu juga punyaku dan sekaligus rumahku yang lama

    @Tyok :
    monggo mas, silahkan saja

    @Dewo :
    yup itulah realitanya….bullshit tetaplah bullshit

    Komentar oleh antibisnismlm — Juni 6, 2008 @ 5:06 am |Balas

  11. emang MLM tuh nggak mutuuuuuu bangettt bikin keselll…

    Komentar oleh esemelekete — Juni 6, 2008 @ 8:35 am |Balas

  12. 10 Kebohongan MLM:

    Kebohongan #1 :
    MLM adalah bisnis yang menawarkan kesempatan yang lebih baik untuk menghasilkan uang dalam jumlah besar dibandingkan dengan model bisnis dan profesional konvensional lainnya.

    Kebenaran :
    Bagi kebanyakan investor MLM praktek ini akan merupakan kerugian. Ini bukan pendapat, tetapi kenyataan sejarah. Timbanglah beberapa contoh penting yang terjadi pada MLM besar berikut:

    Dalam MLM yang terbesar, Amway, hanya 1/2 persen dari semua distributor menjadi basis langsung sebagai distributor, dan pendapatan rata-rata semua distributor adalah $40 sebulan. Ini adalah pendapatan kotor sebelum dikenai pajak dan ongkos-ongkos. Bila biaya dijadikan faktornya, sudah jelas bahwa hampir semua mengalami kerugian. Menjadikannya agar memasarkan secara ‘langsung’ bagaimanapun bukanlah karcis menuju keuntungan, tetapi menuju kerugian yang lebih besar lagi. Ketika Jaksa Agung Wisconsin mengajukan tuntutan kepada Amway, pajak dari semua distributor di Amerika Serikat menunjukkan rata-rata kehilangan $918 bersih untuk pemerintah.

    Penjualan yang luar biasa dan kegagalan pemasaran menjadi faktor utama dari kegagalan ini, namun walaupun bisnis ini lebih layak, perhitungan matematik saja sudah akan membatasi kesempatan demikian. Tipe struktur bisnis MLM hanya dapat menunjang sekelompok kecil pemenang. Bila satu orang membutuhkan 1.000 orang down-line untuk mendapatkan penghasilan yang berkelanjutan, dan 1.000 orang itu membutuhkan satu juta orang untuk mengulangi sukses yang sama, berapa banyak orang sebenarnya yang dapat bergabung sebagai anggota ? Kebanyakan dari yang disebut pertumbuhan pada dasarnya adalah
    pengulangan dari terkecohnya pendaftar-pendaftar baru. Uang untuk pemenang yang sedikit diperoleh dari banyak pendaftar-pendaftar baru yang masuk secara terus menerus.

    Kebanyakan mereka yang rugi dalam MLM akan keluar pada tahun pertama. Pada pengadilan Melaleuca di tahun 1999, salah satu dari MLM besar di Amerika Serikat, perusahaan itu mengaku mencapai tingkat pengumpulan tertinggi diantara para distributor industri MLM. Tingkat drop-out Melaleuca adalah 5.5% per bulan. Ini berarti sekitar 60% per tahun bila drop out diganti setiap bulan.

    Dalam laporan tahunan kepada SEC, Pre-Paid Legal, MLM besar lainnya, terungkap bahwa lebih dari setengah pelanggan dan distributor berhenti setiap tahun dan digantikan oleh kelompok lain yang masih memiliki pengharapan akan bisnis ini.

    Pola yang mencapai 50-70% dari semua distributor dalam setahun juga berlaku untuk NuSkin, industri kedua terbesar dalam MLM. NuSkin juga menunjukkan contoh dimana hanya kecil sekali persentasi distributor yang memperoleh keuntungan mayoritas komisi perusahaan. Di tahun 1998, NuSkin membayarkan 2/3 dari seluruh komisinya kepada hanya 200 upliners dari 63,000 distributor yang “aktif”. Uang yang mereka terima diperoleh langsung dari investasi yang tidak menguntungkan dari 99,7% lainnya.

    Di tahun 1995, Excel Communications, MLM “yang cepat berkembang” lainnya, melaporkan kepada pejabat adanya 86% tingkat pergantian distributor dan 48% tingkat drop-out pelanggan.

    Untuk mengaburkan angka-angka keanggotaan yang suram, beberapa MLM membagi para distributor dalam dua kelas, “aktif” dan “pasif”. Kelompok Aktif mencakup hanya para anggota baru dan mereka yang masih membeli produk-produk atau menerima komisi. Statistik pembayaran dan penerimaan komisi hanya terbatas pada mereka yang termasuk “golongan Aktif”.

    Bila SEMUA distributor yang terlibat dimasukkan, kerugian dan penghasilan rata-rata akan makin terungkap lebih buruk lagi. Dan, bila semua distributor yang terdaftar dan keluar dalam beberapa tahun dimasukkan, mujizat sukses bagi distributor / investor baru akan terlihat rendah sekali. Namun, perusahaan perusahaan demikian akan tetap mempromosikan bisnis mereka sebagai “kesempatan seumur hidup” dengan “pontensi yang tidak terbatas.”

    Kebohongan #2 :
    Pemasaran Jaringan adalah cara yang paling populer dan efektif untuk memasarkan produk ke pasar. Pelanggan menyukai membeli produk dengan dasar satu-kepada-satu dalam model MLM.

    Kebenaran :
    Bila kita melepaskan MLM dari aktivitas resmi penjualan ke-distributoran yang terus menerus, yaitu cara penjualan eceran atas dasar satu-kepada-satu produk kepada pelanggan, kita akan menjumpai sistem penjualan yang tidak produktif dan tidak praktis diatas mana seluruh struktur bertumpu. Penjualan secara pribadi adalah hal masa lalu, bukan gelombang masa depan. Menjual secara eceran secara langsung kepada teman-teman atas dasar satu-kepada-satu menuntut orang-orang untuk secara drastis mengubah kebiasaan belanja mereka. Mereka harus membatasi pilihan mereka, sering harus membayar lebih untuk barang barang, membeli dengan enggan, dan secara janggal melakukan transaksi dengan teman dekat dan keluarga. Pengeceran dari pintu-ke-pintu yang tidak layak itulah sebenarnya MLM, dalam kenyataan, MLM adalah sebuah bisnis yang hanya menjual kesempatan untuk merekrut distributor baru.

    Kebohongan #3 :
    Pada akhirnya semua barang akan dijual dengan MLM, sebuah bentuk pemasaran yang baru. Toko-toko eceran, mal-mal, katalog dan sebagian besar iklan oleh MLM akan segera dianggap tidak lagi diperlukan.

    Kebenaran :
    MLM bukan hal baru. Itu sudah muncul sejak akhir dasawarsa 1960-an. Kenyataannya, saat ini hanya mencapai kurang dari satu persen penjualan eceran di Amerika Serikat. Menurut Departemen Perdagangan Amerika Serikat, di tahun 2000, jumlah penjualan eceran adalah $3.232 triliun dan jumlah penjualan melalui MLM hanya sekitar $10 milyar. Jumlah ini hanya sekitar sepertiga persen dan sebagian besar penjualan dibeli calon-calon distributor yang masih penuh harapan yang sebenarnya membayar uang pendaftaran memasuki suatu bisnis yang segera akan mereka tinggalkan. Bukan saja penjualan melalui MLM tidak terlalu berarti di pasar, tetapi kegagalan MLM sebagai model penjualan juga berdampak pada faktor lain yaitu mempertahankan pelanggan. Sebagian besar langganan MLM akan berhenti membeli barang-barang secepat mereka berhenti mencari “kesempatan bisnis”. Tidak ada loyalitas pada merk produk.

    Fakta-fakta dasar ini menunjukkan, sebagai model pemasaran, MLM tidaklah menggantikan bentukbentuk pemasaran yang sudah ada. Itu sama sekali tidak menyaingi pendekatan pemasaran yang lain. sebaliknya, MLM mewakili sebuah skema investasi yang menggunakan bahasa pemasaran dan penjualan barang. Produk sebenarnya adalah ke distributoran yang dijual dengan janji-janji penghasilan yang memberi kesan keliru dan dibesar-besarkan. Orang-orang membeli produk agar memperoleh posisi yang aman dalam piramid penjualan. Kemungkinannya selalu dikemukakan bahwa seseorang akan kaya bila tidak dari usaha sendiri akan datang dari orang tak dikenal yang akan bergabung sebagai ‘downline,’ yang disebut mereka sebagai ‘ikan besar’.

    Pertumbuhan MLM bukanlah manifestasi dari nilainya kepada ekonomi, pelanggan atau distributor, tetapi dari ketakutan ekonomi dan rasa tidak aman masa kini yang tinggi dan pengharapan yang meningkat akan kemakmuran yang cepat dan mudah. Ini bertumbuh dengan cara yang sama seperti penjualan sehari-hari di bursa saham, perjudian resmi dan undian.

    Kebohongan #4 :
    MLM adalah sebuah cara hidup yang baru yang menjanjikan kebahagiaan dan pemenuhan harapan. Ini adalah cara untuk mencapai semua hal baik dalam hidup ini.

    Kebenaran :
    Motivasi yang paling ditonjolkan dalam industri MLM yang dapat dilihat dalam brosur-brosur industri ini dan persentasi pertemuan-pertemuan promosi, adalah sebuah bentuk materialisme yang mencolok. Perusahaan-perusahaan ‘Fortune 100 companies’ akan merah mukanya bila dibandingkan dengan janji-janji kemakmuran dan kemewahan yang ditawarkan penjual MLM. Janji-janji ini ditawarkan sebagai tiket pribadi menuju pemenuhan harapan hidup mandiri. Promosi MLM yang berlebihan menuju kemakmuran dan kemewahan bertentangan dengan keinginan sebagian besar orang akan pekerjaan yang berarti dan memenuhi bakat dan minat mereka. Pendeknya, budaya bisnis ini menyimpangkan banyak orang dari nilai-nilai dan keinginan pribadi untuk mengungkapkan bakat dan minat mereka yang unik.

    Kebohongan #5 :
    MLM adalah sebuah gerakan spiritual.

    Kebenaran :
    Penggunaan konsep spiritual seperti kesadaran akan kemakmuran dan visualisasi kreatip untuk mempromosikan pendaftaran MLM, penggunaan kata-kata seperti ‘persaudaraan’ untuk menjelaskan sebuah organisasi penjualan, dan klaim bahwa MLM adalah pemenuhan nubuatan Alkitab tentang prinsip-prinsip Kristiani, adalah penyimpangan dari praktek Kristen yang benar. Mereka yang memusatkan pengharapan dan impian mereka sebagai jawaban atas doa-doa mereka kehilangan pengertian sebenarnya akan arti spiritualitas sebenarnya yang diajarkan oleh agama-agama dan kepercayaan-kepercayaan besar umat manusia. Penyalahgunaan prinsip-prinsip spiritual seharusnya menjadi tanda bahwa kesempatan investasi itu menyesatkan. Bila sebuah produk dibungkus dalam bendera atau agama, pembeli harus waspada! ‘Kekeluargaan’ dan ‘dukungan’ yang ditawarkan oleh organisasi-organisasi MLM kepada calon-calon anggota baru bergantung sepenuhnya dari penjualan mereka. Bila penjualan dan pemasukan pendaftar baru menurun, begitu juga ‘kekeluargaan’ itu.

    Kebohongan #6 :
    Sukses dalam MLM adalah mudah. Teman-teman dan keluarga adalah calon yang alami. Mereka yang mencintai dan mendukung akan menjadi pelanggan seumur hidup.

    Kebenaran :
    Komersialisasi hubungan kekeluargaan dan teman atau penggunaan kehangatan hubungan yang dibutuhkan dalam program pemasaran MLM merupakan elemen yang merusak dalam masyarakat dan tidak sehat bagi perorangan yang terlibat. Komersialisasi hubungan kekeluargaan dan loyalitas persahabatan untuk membangun bisnis dapat menghancurkan fundasi sosial seseorang. Hal itu menekankan hubungan yang tidak akan pernah mengembalikan kepada dasar asli dari cinta, loyalitas dan dukungan. Di atas aspek sosial yang merusak, pengalaman menunjukkan bahwa sedikit manusia menikmati atau menghargai bujukan keluarga dan teman untuk membeli produk yang ditawarkan.

    Kebohongan #7 :
    Anda dapat mengerjakan bisnis MLM pada waktu senggang. Sebagai bisnis, MLM menawarkan kebebasan yang paling besar dan kebebasan waktu perorangan. Beberapa jam seminggu dapat menghasilkan tambahan penghasilan yang cukup berarti dan dapat bertumbuh menjadi penghasilan yang besar, dan menjadikan pekerjaan lainnya tidak diperlukan lagi.

    Kebenaran :
    Puluhan tahun pengalaman melibatkan jutaan orang membuktikan menghasilkan uang di MLM membutuhkan komitmen waktu yang tidak sedikit termasuk tipu daya, keuletan dan penipuan perorangan. Melebihi diperlukan sedikit kerja keras dan sikap khusus, model bisnis pada dirinya sendiri mengkonsumsi lebih banyak wilayah kehidupan dan waktu seseorang. Dalam MLM, semua orang adalah bakal calon. Setiap waktu bangun adalah waktu yang potensial untuk pemasaran. Tidak ada batasan tempat, orang orang, atau waktu untuk penjualan. Sebagai konsekwensi, tidak ada tempat dan waktu luang atau sekali
    seseorang bergabung dalam sistem MLM.

    Dibalik kedok untuk menghasilkan uang secara mandiri, sistem ini mengontrol dan mendominasi segenap aspek khidupan orang-orang dan membutuhkan keloyalan ketat pada program. Ini terlihat dari kenyataan mengapa begitu banyak orang yang sudah terlibat terlalu dalam akan berakhir dengan kebutuhan dan ketergantungan akan MLM secara mati-matian. Mereka mengasingkan atau membubarkan hubungan-hubungan lain yang berkesinambungan.

    Kebohongan #8 :
    MLM adalah bisnis baru yang positif dan dapat diandalkan, yang meneguhkan jiwa dan kebebasan pribadi manusia.

    Kebenaran :
    Brosur-brosur pemasaran MLM menunjukkan kebanyakan pesannya adalah untuk melepaskan rasa takut manusia dan berdasarkan menipuan akan potensi penghasilan. Bujukan sering mencakup ramalam tentang hancurnya bentuk-bentuk distribusi lainnya, disintegrasi tentang ketidak pekaan perusahaan Amerika, dan
    langkanya kesempatan pada profesi atau lain. Profesi, perdagangan dan bisnis konvensional secara rutin direndahkan dan disalahkan karena tidak menjanjikan ‘penghasilan yang tidak terbatas’. Pekerjaan digambarkan sebagai perbudakan bagi mereka ‘yang kalah’. MLM digambarkan sebagai harapan terbesar untuk banyak orang. Pendekatan ini, sebagai tambahan penipuan, sering mendatangkan efek yang menakutkan orang-orang yang sebenarnya ingin menggapai visi sukses dan kebahagian mereka yang unik. Kesempatan bisnis yang sehat tidak perlu mendasarkan semangatnya pada ramalan-ramalan dan peringatan-peringatan yang negatip.

    Kebohongan #9 :
    MLM adalah pilihan terbaik untuk memiliki perusahaan sendiri dan memperoleh kebebasan ekonomis yang sebenarnya.

    Kebenaran :
    MLM bukan pekerjaan-mandiri yang sebenarnya. ‘Memiliki’ sebuah kedistributoran MLM adalah ilusi. Beberapa perusahaan MLM melarang distributornya untuk juga mengembangkan down-line baru. Sebagian besar kontrak MLM memudahkan pemutusan kedistributoran dan cepat bagi perusahaan. Bila terjadi pemutusan, down-lines dapat diambil dengan segala cara. Keanggotaan membutuhkan kepatuhan yang ketat akan model ‘duplikasi,’ bukan kebebasan pribadi dan individualitas. Distributor MLM bukan pengusaha tetapi peserta dalam sistem hirarki yang kompleks dibawah mana mereka hanya memiliki sedikit kontrol.

    Kebohongan #10 :
    MLM bukan skema piramid karena menjual produk.

    Kebenaran :
    Penjualan produk tidak lain hanyalah usaha pengamanan diri terhadap peraturan-peraturan anti-piramid atau praktek-praktek dagang yang tidak jujur yang dikeluarkan oleh undang-undang negara. MLM yang menjual barang-barang yang bermanfaat, produk yang berkwalitas telah berhasil diadili oleh para pejabat negara dibawah undang-undang anti-piramid. MLM adalah bentuk bisnis yang sah hanya dibawah persyaratan yang ketat yang dikeluarkan oleh FTC dan Jaksa Agung. Banyak MLM sekarang melanggar ketentuan itu dan tetap beroperasi hanya karena mereka belum diadili. Peraturan pengadilan yang baru menentukan peraturan 70% untuk menilai sah tidaknya sebuah MLM. Sedikitnya 70% dari barang-barang yang dijual oleh perusahaan MLM harus dijual kepada bukan distributor. Standar ini akan menempatkan sebagian besar perusahaan MLM di luar hukum. MLM terbesar mengaku bahwa hanya 18% penjualannya yang dijual untuk umum non-distributor.

    Ok, sekilas buat author artikel ini :

    Robert L. Fitzpatrick adalah presiden Pyramid Scheme Alert dan mitra-penulis buku False Profits : Seeking Financial and Spiritual Deliverance in Multi-level Marketing and Pyramid Schemes. Ia adalah penerbit THE EAGLE, jurnal kwartalan perihal isu-isu distribusi dalam industri percetakan dan industri (-_-)Paman digital, yang secara sinambung diterbitkan sejak 1981. Ia adalah penulis beragam tulisan dan monograf tentang pemasaran distributor di industri-industri besar dan menyediakan pelayanan konsultasi langsung kepada banyak perusahaan dan distributor besar termasuk DuPont, Fuji Film USA, Polaroid, dan banyak lainnya. Ia adalah pembicara dalam konperensi-konperensi perdagangan dan perusahaaan di Amerika Serikat dan mancanegara. Ia sewaktu-waktu melayani sebagai saksi-ahli untuk kasus-kasus yang diminta Jaksa Agung atau para distributor dalam menghadapi perusahaan-perusahaan yang dituduh beroperasi menjalankan skema piramid.

    Robert L. Fitzpatrick dapat dihubungi di 1522 Lilac Rd., Charlotte, NC 28209,
    Tel : (704) 334-2047,
    Email : RFitzPatrick@pyramidschemealert.org,
    Websites : http://www.pyramidschemealert.org dan http://www.falseprofits.com

    Komentar oleh MLM-hater — Juni 6, 2008 @ 4:03 pm |Balas

  13. ^^
    Wuih bagus banget, wah tambah ilmu lagi…..

    Komentar oleh Cronus666 — Juni 7, 2008 @ 2:05 pm |Balas

  14. wah… nambah lagi blog beginian. MAJU TERUS…

    Komentar oleh farizkurniawan — Juni 9, 2008 @ 4:45 pm |Balas

  15. apa iya seh MLM sesadis itu, gwa jadi ingat ama teman gwa yg sekarang jd salah satu satu leader MLM, dulu waktu awal-awal masuk MLM ketika nyari prospek sering dilecehkan mungkin gwa salah satunya he..he… tapi gwa harus akui kalo dia itu emang pantas jadi leader karena semangatnya yang luar biasa dengan bisnis MLM yang dia ikuti, dia pernah ngomong ama gwa kalo gajinya bulanannya dari tempat dia bekerja (salah satu rumah sakit di semarang ) nggak cukup buat menopang hidup keluarganya karena besar pasak daripada tiang. Sekarang kehidupannya bener2 berubah dia dah keluar dari pekerjaanya sebagai EDP di rumah sakit tersebut dan memilih fokus ke bisnis MLM-nya karena bisnis tersebut mempunyai hasil yang lebih baik dibandingkan pekerjaannya yang lama.

    Dia juga pernah bilang kalo MLM tuh bukan sebuah lampu ajaib yang akan merubah hidup seseorang hanya dengan hitungan detik, butuh sebuah kerja keras untuk mewujudkannya termasuk di caci-maki dan di lecehkan calon prospek. oya mlm yang dia ikuti adalah K-LINK (salah satu MLM yang anda caci he..he.. )

    Komentar oleh oky — Juni 11, 2008 @ 11:59 am |Balas

  16. @oky :

    saya tidak mencaci perusahaan MLM baik itu K-link, yang saya sesalkan adalah tingkah laku distributor maupun leader dalam memprospek orang. itu saja.

    selamat deh buat teman anda, kalau boleh tau bonus tiap bulannya berapa?? dan pengeluaran tiap bulannya yang harus dia keluarkan untuk menjalankan bisnis K-Link, meliputi acara presentasi, seminar, beli alat bantu, dsb kira-kira berapa?

    kalau pengeluaran lebih besar dari pendapatan, sama aja donk. mending kerja + bisnis konvensional aja. lebih gampang ngaturnya dan improvisasi diri ketimbanga bisnis MLM yang bermodalkan impian doank
    he he he he

    Komentar oleh antibisnismlm — Juni 12, 2008 @ 11:38 am |Balas

  17. Waktu kerja sebagai EDP di rumah sakit tersebut penghasilannya 3.000.000 per bulan sekarang di k-link penghasilannya 15.000.000 / bulan ( di pernah ngeliatin slip gaji MLM tsb ke gwa secara detail) peringkatnya masih emerald manager. kalo soal biaya operasionalnya gwa gak pernah nanya-nanya so pastinya berapa gwa gak tau.

    kalo menurut gwa seh MLM juga bisnis konvesional soalnya ada barang yg dijual dan ada uang sebagai alat tukarnya. yg gak konvensinal mungkin cara distribusinya.

    kalo soal tingkah laku distributor kembali lagi ke individu masing-masing dan bukan MLM-nya. gwa malah melihat sisi positif dari MLM adalah semua orang berhak punya mimpi dan bangun untuk mengejar mimpinya.

    Modal MLM adalah impian ? kayaknya kurang tepat deh, lebih tepatnya adalah impian + keinginan untuk mengejarnya. Anda pernah join MLM nggak ?

    Komentar oleh oky — Juni 12, 2008 @ 1:45 pm |Balas

  18. ok dah…oky jika itu impian kamu go for it..
    silahkan baca artikel di http://bravo9682.wordpress.com
    semoga anda tambah informasi
    sukses

    Komentar oleh antibisnismlm — Juni 13, 2008 @ 9:10 am |Balas

  19. hey thanks so much, di salah satu artikelnya gwa nemuin saran yg bagus buat para pemain MLM yaitu prinsip 3 S : selling,service and sponsoring. mungkin kebetulan atau bukan prinsip tersebutlah yg di pake temen gwa buat ngejalanin MLM-nya.

    thanks, SUKSES juga buat Anda !

    Komentar oleh oky — Juni 13, 2008 @ 10:03 am |Balas

  20. sama-sama.
    mungkin ditunggu saja, soale bung bravo mau kasih informasi mengenai trend bisnis MLM yang mulai ke arah perpaduan MLM dengan konsep Profit Sharing.

    Komentar oleh antibisnismlm — Juni 13, 2008 @ 1:15 pm |Balas

  21. pak…… pak ……. ngapain juga anti mlm lah……… apalagi mlm hater yang ndobosnya binta ampunn panjangnya, saya masih baru di bisnis tiens….. dan bisnis ini tidak memberikan persyaratan yang bapak- bapak yang sangat pintar berikan. entah kenapa banyak orang yang sok tahu…. padahal hanya ngerti kalo bisnis ini mlm…. gitu tok!!!!! timbangan anda ngomongin bisnis orang laen ( dosa loo )……. liat bisnis loe sendiri….. kalo anda termasuk orang yang SMS ( udah Sibuk Miskin dan Sombong ) segera hubungi no gw ( 081703652538 ) biar gw bikin sukses loe skalian.

    Komentar oleh Investor — Juni 16, 2008 @ 8:09 am |Balas

  22. @investor :
    mau tanya dulu, anda nih mahasiswa atau udah bapak-bapak?
    jangan ngajari gua sukses lewat MLM Tianshit ya. apalagi ngajakin sukses, emang lu kayak tuhan apa!!!
    emang kamu itu seberapa sukses sih? coba tunjukin ke gua????berani gak

    Komentar oleh antibisnismlm — Juni 17, 2008 @ 2:04 pm |Balas

  23. @Investor
    Anda lagi getol getolnya nih berjuang di Tianshit, karena masih baru. Lagi semangat banget ngomongin diluar Tianshit ga bakal kaya…bla…bla…bla…..

    Saya cuma mau bilang, mudah2 an nanti kamu tidak masuk statistiknya Tianshit yang, dimana 99% anggotanya Ngaku kaya, tapi kemana mana naik angkutan umum, ngaku kaya tapi banyak hutang, ngaku kaya tapi tampang kusut mulu, ngaku freedom of time tapi kerja dari jam 7 pagi sampe jam 12 malam.

    Sukses buat kamu deh.

    Komentar oleh Gamebell — Juni 18, 2008 @ 5:28 pm |Balas

  24. ciri MLM sejati:

    1. Produk Unik dan bermanfaat
    Produk untuk dimanfaatkan, tidak untuk di timbun,
    contoh: lihat kesaksian orang-orang
    tentang bukti manfaat produk tersebut
    pada majalah independen, seperti TRUBUS
    kalo ada orang profesi dokter atau pengacara
    yang kesaksian disitu,
    maka konsumen lebih yakin lagi…

    2. Harga Produk Pantas
    Jika produk unik dan terbukti bermanfaat,
    biasanya… konsumen tidak terlalu mempermasahkan harga
    contoh: Anda tahu modal sebotol teh manis yang sering Anda minum?
    harga-nya rata-rata Rp 1500 – Rp 2000
    modal-nya sekitar Rp 300 ( tiga ratus rupiah saja )

    3. Bila produk Bermanfaat, harga Pantas,
    maka produk tersebut dikatakan memiliki Nilai Jual.
    Selling point sebuah camera bukanlah photo,
    tetapi memory, anda tidak dapat mengulang waktu yang berlalu
    makanya diciptakan camera yang bisa mengabadikan moment
    moment yang tak bisa di-ulang tersebut..

    Bila anda kritis pada produk
    carilah selling point produk tersebut,
    lebih bagus lagi, bila selling point produk anda,
    adalah unik, yaitu : tidak ada pada produk saingan Anda
    maka Anda relatif lebih mudah untuk menjual Produk tersebut

    Contoh: produk Anda adalah satu-satunya di-dunia
    yang mendapat pengakuan dari Islamic University of Malaysia
    dan bekerjasama dengan majalah TRUBUS
    atau…
    produk Anda adalah satu-satunya di-dunia
    yang di-produksi oleh perusahaan nomor satu di-dunia
    tapi secara eksklusif menunjuk Anda seorang saja
    sebagai distributornya untuk wilayah seluruh indonesia.

    4. Biaya Join MLM ini tidak membuat Anda bangkrut
    hanya sekitar 5 ato 6 liter bensin Premium saja

    5. Sistemnya adil, ABG = atas bawah gede…
    yang kerja yang dapat untung besar,
    yang malas tidak dapat untung…

    Saat sesorang Join, upline tidak dapat sepeserpun dari downline
    tapi downline dapat tools ( alat ) untuk mulai bisnis mandiri
    dan hak untuk mendapat bonus-bonus dari perusahaan
    bukan bonus dari upline,

    upline pun mendapat bonus dari perusahaan ( bukan dari downline )
    saat dia berhasil membina downline-nya untuk berhasil.

    upline yang membina downline
    pasti keluar biaya untuk membuat downline-nya berhasil…

    6. Bila lima hal diatas terpenuhi, maka:
    MLM tsb relatif mudah dijalankan
    sehingga tidak akan ada yang menjadi korban

    MLM tidak Mudah
    tetapi Mungkin…

    Itulah yang ada di-otak semua BOSS bisnis konvensional
    yaitu: KEMUNGKINAN… PELUANG….

    mimpi hanyalah daya penggerak saja,
    karena jika Anda mimpi terus,
    tidak bangun-bangun dan tidak bisa action,
    maka sukses tidak akan datang dengan sendirinya

    contoh: mimpi thomas alpha edison untuk menerangi dunia
    tidak akan pernah terwujud, kalo dia mimpi ( tidur ) terus.
    tetapi dia praktek, bahkan menghabiskan biaya
    untuk ribuan bola lampu yang gagal,
    sampai akhirnya berhasil…

    satu lagi… yang setiap detik para BOSS bisnis konvensional
    tanyakan pada diri sendiri adalah:

    Opportinites Lost gue hari ini berapa ya…?

    Opportunities Lost adalah: KERUGIAN…
    saat anda mengerjakan seuatu hal yang kurang menguntungkan
    PADAHAL ada hal lain yang lebih menguntungkan
    tetapi tidak bisa Anda kerjakan,
    karena keterbatasa WAKTU…

    contoh: suatu malam anda dihadapkan pada 2 pilihan:
    1. nonton Final piala Eropa bareng para sahabat
    2. makan malam Perdana bersama calon mertua ( yg tidak hobby sepak bola )

    dua-duanya memiliki keuntungan,
    akan tetapi tidak bisa dikerjakan berbarengan…

    hehehe… trims ya…

    di kutip dari:
    http://www.profitinthrift.com

    Komentar oleh acco — Juni 19, 2008 @ 2:05 am |Balas

  25. @acco :
    sampeyan njalanin MLM kalung yang dipake SBY ya. Kalau unik kenapa sudah banyak saingan di lapangan, seperti galaxi, Biosfir, dan masih banyak lagi. ah paling-paling anda menggunakan kata-kata seperti ini :
    SBY aja pake kok kamu enggak!!! ya kan???????

    ah dah basi bung

    Komentar oleh antibisnismlm — Juni 19, 2008 @ 5:12 am |Balas

  26. tengkyu antibisnismlm… hehehe…

    dalam hal apapun…
    saingan tidak dapat dihindari,
    saat kita mau jadi maunusia pun
    saingan kita banyak lho…
    kita adalah hasil dari salah satu sperma ayah kita,
    yang berhasil mengalahkan jutaan sperma yang lain
    yang
    berlomba untuk mencapai sel telur ibu kita
    pada saat proses terjadinya kita di rahim ibu kita lho…
    hehehe…

    fokuslah pada kepuasan pelanggan
    produk dari pesaing saya tidak tahu,
    tapi yang pasti ada alat ukurnya lho,
    katanya harga alat ukur tersebut 35juta

    produk pesaing powernya 107 (seratus tujuh) tanpa ion negatif
    dan sampai sekarang masih produk tsb
    yang dipasarkan

    power produk luxor 117 (seratus tujuh belas)
    lebih powerfull dalam memperlancar peredaran darah…
    belum lagi ditambah kandungan ion negatif
    makanya namanya bukan BIO FIR
    tapi BION FIR, karena BIO plus ION negatif
    yang berfungsi untuk menangkal radikal bebas

    untuk jelasnya tentang semua istilah disini…
    see: http://www.profitinthriit.com

    tengkyu…

    Komentar oleh acco — Juni 20, 2008 @ 3:08 am |Balas

  27. dimana ada kemauan…
    disitu ada jalan…

    MLM hanya kendaraan-nya saja
    untuk mencapai tujuan,
    dengan efektif dan efisien

    bila ada pilihan kendaraan lain
    yang dianggap lebih baik,
    silahkan pakai saja kendaraan yang lain itu…

    atau mau di bareng-kan dengan MLM…?
    sah-sah saja…asal tidak saling mengganggu…

    tapi semuanya kembali kepada Anda,
    karena yang paling mengerti Anda adalah diri Anda sendiri,
    jadi? semua keputusan ditangan Anda…
    walaupun yang nantinya mendapat keuntungan terbesar adalah Anda,
    karena yang bekerja juga Anda, hehehe…

    disimpulkan dari: http://www.profitinthrift.com

    Komentar oleh acco — Juni 25, 2008 @ 2:16 am |Balas

  28. Sebuah rahasia untuk menaikkan penghasilan
    sampai 700% akhirnya terungkap.

    Coba simak dan renungkan link berikut :
    http://fhurl.com/b11897

    Komentar oleh Sendy Firmansyah — Juni 26, 2008 @ 2:06 am |Balas

  29. YTH. BAPAK DAN IBU YANG SUDAH MEMPUNYAI KOMENTAR NEGATIF.BOLEHKAH SAYA BERTANYA. APAKAH BAPAK DAN IBU SEKALIAN SEORANG PEGAWAI?………SOALNYA KEBANYAKAN PARA PEGAWAI CUMA BEKERJA UNTUK CARI UANG,DAN NGAK SEMPAT BASA BUKU YANG POSITIF….KENYATANNYA GITU LOH

    Komentar oleh ROMIIRAWAN — Juni 28, 2008 @ 4:56 am |Balas

  30. gaya anda MLM banget bung Romiirawan. dan basi tau..ganti yang laen kek jangan mbawa nama pegawailah, gak bisa kaya lah, gak pernah baca buku lah, trus kenapa? lah anda dah sukses belum….kalau masih minta duit ama orang tua mah…silahkan menyingkir dari blog saya.
    atau mampir ke http://bravo9682.wordpress.com bias otakmu di bersihin lagi…soale otakmu tuh dah dicuci ama leader-leader goblok

    Komentar oleh antibisnismlm — Juni 29, 2008 @ 9:01 am |Balas

  31. Salam semua.
    Kelemahan orang indonesia adalah seperti orang buta liat gajah. Apa yang terjadi , pasti komentarnya lain-lain. ada yang bilang gajag itu tinggi dan di lain pihak mengatakan gajah itu lebar. lalu mana yang benar. Yang pasti kita tak usah sok pintar dan sok tahu sebelum kita tahu persis seperti apa seh fakta sebenarnya.
    Maka jalan terbaik teliti dulu sedalam dalamnya dan klo bisa langsung jangan lewat orang. Saya juga orang mlm yang tidak hanya mencoba satu mlm saja. Dan kesimpulannya adalah setiap mlm ada aturan puncak yang mengatur bagaimana agar anggota mlm itu dalam hidup hanya tidur uang datang. Dan aku nilai itu masuk akal. Tinggal bagaimana caranya agar kita dapat ke tingkatan tersebut. Bukan mudah memang tapi sulit juga tidak.
    Jadi saya tidak akan menyalahkan siapapun karena saya sudah tau betul apa itu mlm. Sejauh mana anda tau mlm dan dari mana saja anda dapat informasinya.
    Yang paling afdol hasil sebuah informasi adalah dari kedua belah pihak, yaitu dari yang berhasil di bisnis mlm dan dari yang gagal di bisnis mlm.
    Semoga kita dapat berpikir seperti orang luar yang sudah sangat profesional dalam hal perfikir dan jangan menutup diri hanya kenal orang indonesia yang hanya bisa meniru gaya orang luar tapi pemikiranyya masih primitive. Mari kita sama sama merubah maindset orang indonesia yang katrok ini.

    Komentar oleh Marzuki — Juli 3, 2008 @ 10:47 am |Balas

  32. Hal yang saya ingin tahu adalah kalau mlm memang tidak baik, kenapa diperbolehkan oleh pemerintah ya ? Bahkan ada organisasi resminya yaitu Apli. Kalau narkoba kan sudah jelas tidak baik dan dilarang pemerintah.

    Komentar oleh Herlina — Juli 5, 2008 @ 5:26 am |Balas

  33. wahai orang-orang yang ada diblog ini..sampeyan itu digoblok-gobloki ma tianshi watch!! emang dari mana kebenaran tianshi watch?? sok nampilin foto-foto anak kecil segala! kayae ga riil tu.. palagi postingan mengenai nu online. kayae tu cuma ada-ada team tianshi watch aja. supaya apa yang lu postingin disini ada benarnya!!!

    mang anggota tianshi watch ada yang anggota nu yah… ko alamat web nu onlinenya ga ditampilin?? provokator sampeyan mas!!! ni blog jangan-jangan juga ga bener.. bikin tulisan supaya menampung argumen tapi sebenere argumennya sendiri yang cuma DIKASIIN n ditampilin NAMA ORANG LAEN!!

    bener-bener orang yang berargumen di blog ini hanya dibodohi..
    cari yang kenyataannya dilapangan aja kalo mau tau data!! ga usah pake acara maya kaya gini!!! udah tau internet maya!! cari ilmu yang bermanfaat!! bukan blognya satu orang kaya gini doang!!

    kalo emang ada anggota tianshi watch yang NU harusnya bilin web yang isinya forum yang dikelola pemerintah!! bukanya blog dewe kaya gini!! ini mah namanya pembodohan oleh pemikiran satu orang saja!! oke!! sukses buat semua oon yang lagi dibodohi bloger-bloger ga da kerjaan!!

    Komentar oleh tianshi n antimlm oon kabeh — Juli 5, 2008 @ 5:25 pm |Balas

  34. mas antonhy mas anthony.. sampeyan itu digoblok-gobloki ma tianshi watch!! emang dari mana kebenaran tianshi watch?? sok nampilin foto-foto anak kecil segala! kayae ga riil tu.. palagi postingan mengenai nu online. kayae tu cuma ada-ada team tianshi watch aja. supaya apa yang lu postingin disini ada benarnya!!!

    mang anggota tianshi watch ada yang anggota nu yah… ko alamat web nu onlinenya ga ditampilin?? provokator sampeyan mas!!! ni blog jangan-jangan juga ga bener.. bikin tulisan supaya menampung argumen tapi sebenere argumennya sendiri yang cuma DIKASIIN n ditampilin NAMA ORANG LAEN!!

    bener-bener orang yang berargumen di blog ini hanya dibodohi..
    cari saja kenyataannya dilapangan aja kalo mau tau data!! ga usah pake acara maya kaya gini!!! udah tau internet maya!! cari ilmu yang bermanfaat!! bukan blognya satu orang kaya gini doang!!

    kalo emang ada anggota tianshi watch yang NU harusnya bilin web yang isinya forum yang dikelola pemerintah!! bukanya blog dewe kaya gini!! ini mah namanya pembodohan oleh pemikiran satu orang saja!! oke!! sukses buat semua oon yang lagi dibodohi bloger-bloger ga da kerjaan!!

    Komentar oleh tianshi n antimlm oon kabeh — Juli 6, 2008 @ 8:04 am |Balas

  35. sayangnya orang sukses di dunia ini berkomentar bahwa pola pikir adalah salah satu alat untuk menuju sukses.

    donald trump dan robert kiyosaki sendiri yang nota bene dah malang melintang di dunia bisnis juga bilang pendidikan di dunia MLM adalah salah satu cara untuk dapat mempersiapkan kita untuk pindah jalur menuju sukses.
    coba cari bukunya di gramedia

    nah bagi anda yang negatif,
    kalau anda sudah se sukses donald trump dan robert kiyosaki
    dan anda masih juga anti MLM,
    saya rasa saat itu anda memang benar……

    jadi silahkan dulu menjadi sukses seperti mereka baru bikin pernyataan seperti ini. (setidaknya 1/10 dari kesusesan mereka lah)

    anda seperti orang yang baru bisa menjalankan program word, trus di tengah jalan bingung gimana cara ngeprint, tapi dah ngeyel kalo microsoft windows itu jelek….
    padahal lom tau apa apa.

    Komentar oleh Maju terus — Juli 8, 2008 @ 4:06 am |Balas

  36. jgn jd SMS(sibuk miskin sombong)….
    NEGATIF kelaut aja….
    liat ntar thn 2010….
    BMW… YACHT….. VILLA…. PESAWAT…….
    1-2 tahun anda sukses….
    ada apa dg MLM???…….
    ^
    ^
    ^
    selalu terbayang kata2 ini d kepala gw klo dah denger kata TIENS… TIEEEENSSSSS…. TIIIIIEEEEENNNNSSSSSSSSSSSSSS…..
    !@#$%^&*&^%$#@!@#$%^

    Komentar oleh KickTheDreamerAss — Juli 8, 2008 @ 5:49 pm |Balas

  37. Omongan waktu untuk keluarga yang berkualitas dan kebahagiaan untuk keluarga lewat amway n n21 system ternyata boongan. Top leadernya aja kasi contoh ga bener

    Komentar oleh Dito — Juli 11, 2008 @ 4:30 pm |Balas

  38. Kalo emang lo g yakin ya g usah ngejalanin,..,karena kita menjalankan sesuatu harus dengan keyakinan g usah deh yang namanya mempengaruhi orang lain, yang ada lo yang jadi provokator,.,ok

    Komentar oleh rochim — Juli 12, 2008 @ 10:49 am |Balas

  39. Sabar2, orang yang sukses aja ndak pernah komentar di blok ini kenapa yah….?

    mau tau jawabannya…..?

    karena kalian semua, orang rata-rata, sedangkan orang sukses itu adalah orang diatas rata-rata yang ndak mau ngurusin blog negative ini.

    Okay, permisi…..silahkan lanjut

    Komentar oleh Arie Wijaya — Juli 16, 2008 @ 4:42 am |Balas

  40. utk yg pro dg MLM, tolong patahkan argumen pemilik blog dg argumen pula, jangan bisanya hanya maki2. Ato emang bisanya cuman itu doang.?

    Komentar oleh rakhay — Juli 16, 2008 @ 9:51 am |Balas

  41. Pernahkah anda mengalami kesulitan untuk
    menghitung uang karena banyaknya uang yang
    masuk ke rekening anda ?

    Jika Anda Bisa Mengetik dan Mengakses Internet,
    Anda Sudah memiliki syarat cukup
    untuk bisa mengalirkan uang melimpah
    melalui internet.

    Simak dan renungkan link berikut :
    http://fhurl.com/b11897

    Bila ada pertanyaan, anda bisa bertanya
    pada link berikut :
    http://fhurl.com/b12311

    Komentar oleh Sendy Firmansyah — Juli 17, 2008 @ 8:36 am |Balas

  42. hancurnya MLM? tinggal menunggu kejenuhan pasar aja, begitu ada saingan bahaya tuh.

    Komentar oleh kifu — Juli 28, 2008 @ 1:37 am |Balas

  43. ya kalo mau miskin, miskin sendiri aja…………..
    kalo ada orang anti MLM yang nagsih pandangan negatif kepada orang lain yang ingin masuk MLM, saya minta tolong kasih pada orang anti MLM untuk ngasih pekerjaan pada mereka yang sangat layak dan tanggung masa depan mereka. Kalo anda berani melakukan begitu berarti anda pantas mempengaruhi orang untuk tidak masuk MLM. Untuk yang ikut MLM anda naju terus aja………., kalo orang yang anti MLM itu ibarat calo penumpang diterminal, si penumpang udah nyampek tempat tujuannya si calo tetep aja di terminal artinya orang anti MLM hidupnya gak akan kemana mana

    Komentar oleh unicore — Juli 28, 2008 @ 6:03 am |Balas

  44. heheheheheheheheheheheheheheheheheheheheheheheheheheheheheheh

    Komentar oleh andri — Juli 29, 2008 @ 3:03 am |Balas

  45. untuk yang masih main di MLM silahkan baca artikelnya http://bravo9682.wordpress.com

    biar otak kalian pada sadar jangan ngimpi cepat kaya dan merasa meremehkan hidup seseorang

    Komentar oleh antibisnismlm — Juli 29, 2008 @ 9:58 am |Balas

  46. Aswb.
    Sungguh pendapat yang pantas disimak dan diperhatikan.
    Andai berkenan, ingin rasanya berdiskusi denganmu Sahabat.
    Salam kompak dari Bandung
    Golom – 0813 205 68 068

    Komentar oleh Bang Golom — Juli 29, 2008 @ 6:22 pm |Balas

  47. kasian..

    SMS (sudah miskin sombong)

    Komentar oleh botchaxxx — Agustus 11, 2008 @ 8:28 am |Balas

  48. @SEMUA PECINTA MLM

    -Dibodohin sm tim TW ? gag salah?? bukanya anda yg dibodohin upline anda??
    -Bangun plzz! gw sneng koq klo kalian jadi kaya. tp lo mau kaya dengan ikut MLM? mnurut gw, kalian bner” menempuh cara yg Sulit(dijauin tmen, ngebegoin downline, ikut seminar yg ga ada abisnya).

    SMUAA PLZ LIAD POSTINGAN UNICORE(#43)PERFECT EXAMPLE FOR IDIOTIC DUMBASS. gitu lah contoh tipikal orang tienshit yg ngangap ga da pekerjaan lain slain jadi “sales tanpa gaji”.

    Komentar oleh Eroll — Agustus 14, 2008 @ 5:20 pm |Balas

  49. ambil + nya dan tinggalin – nya…

    ngomongin + dan – nya gada habisnya…

    Komentar oleh yogijago — Agustus 19, 2008 @ 2:36 pm |Balas

  50. SMS: sudah menipu, sombong

    Komentar oleh rodi — Agustus 22, 2008 @ 2:02 am |Balas

  51. salam kenal

    Komentar oleh madzz — Agustus 22, 2008 @ 7:12 am |Balas

  52. akhirnya gw makin yakin skg kenapa bangsa kita selalu tertinggal dalam masalah informasi..karena gak pernah berpikir positif..tutup gelasnya gak pernah dibiarkan terbuka…bukannya skg jaman informasi
    sori yah meski gw bukan pelaku MLM tp gw gak anti sm MLM
    klo emang itu bener dan faktanya bener2 terbukti dilapangan, produknya ada sistemnya ada why not..gak beda jauh sm usaha2 lainnya toh.
    Kalau menurut gw sih gak ada masalah tuh bro!

    Komentar oleh erdy — Agustus 25, 2008 @ 4:28 am |Balas

  53. saya setuju dengan pendapat yang diatas,no 52, mas Erdy.

    MLM itu tdk beda dengan usaha yang lain ,jadi ,ada yang bagus dan ada yang kurang bagus.

    Ada MLM yang dulunya bagus,sekarang jadi kurang bagus,karena perkembangan jaman.

    Pandai2nya kita milih,MLM mana yang cocok untuk kita, kalau mau menjalankan bisnis MLM.

    Ini sebuah cerita dari bisnis konvensional.

    Pernahkah anda perhatikan usaha wartel/warung telkom?

    Berapa investasinya ? Apakah investornya sudah BEP? Siapa investornya ? Bagaimana perhitungan pendapatannya ?

    Waktu terjadi badai Krisis Moneter 1998, banyak karyawan di PHK ,dan menerima uang pesangon yang nilainya 10-20 juta.
    Ada juga yang dipensiun dini,mungkin dapat sekitar 50 juta.
    Karena mereka belum dilatih jadi pengusaha, mereka memilih aneka usaha investasi untuk mendapat income.

    Ada yang diinvestasikan dalam bentuk usaha bebek emas,Qsar dll.

    Ada juga yang diinvestasikan dalam bentuk : WARTEL .Investasinya sekitar 10 juta untuk perangkat dan 10 juta untuk tempat + ruang bicara.

    Tahun 1999-2003 ,mereka menikmati profit lumayan ,mungkin sebulan bisa dapat hasil bersih 1 -1.5 juta .Tapi, setelah itu, pembagian keuntungan yang semula 50% untuk investor dan 50% untuk pihak telkom,diubah jadi 30 untuk investor dan 70 untuk telkom.

    Dengan hitungan seperti itu, penghasilan investor wartel berkisar antara 300 rb- 500 rb/bulan ,kalau dijaga sendiri .

    Ditambah lagi , semakin banyak orang yang mempunyai hand phone dan tarif pulsa semakin murah.

    Saya yakin ,banyak dari mereka ,yang investasi awalnya belum kembali.

    Mereka yang investasi di Bebek Mas atau Qsar atau bisnis semacam itu, lebih memilukan lagi nasibnya.

    Dari kondisi seperti inilah,bisnis MLM berkembang.

    Intinya, telitilah sebelum memulai bisnis.

    Saya pernah investasi di Wartel ,saya juga sampai sekarang menggeluti MLM,saya juga jual perangkat Wartel merk Megakom, jadi ,saya tahu betul prosesnya.

    dalam bidang investasi di bidang pertanian ,juga ada yang seperti itu . Gambaran untuk orang awam :

    1 biji jagung ,kalau ditanam bisa jadi 1 tongkol jagung yang jumlah bijinya bisa 500 lebih .Jadi ,keuntungannya 500 x / 3 bulan .

    Kenyataannya,petani kita banyak yang hidupnya dibawah garis kemiskinan.Hari ini,bibit jagung Rp.80.000/ kg, type P.21.
    Jadi, hati-hati kalau anda berinvestasi di bidang pertanian .

    Yang lebih canggih ,main di bursa saham ,itupun juga ada resikonya,butuh modal lumayan .Hari ini, kalau anda pegang saham perusahaan tambang ,pasti sport jantung .
    Saudara saya yang biasa main sahampun ,akhirnya bisa mengerti kenapa saya menekuni bisnis MLM,tidak perlu sport jantung .

    Pilihlah MLM yang produknya memang berguna untuk diri kita dan orang lain .
    Cari yang harganya terjangkau ,kalau di pasaran harga kopi 3 in 1 sekitar 30 rb/20 sachet, harusnya di MLM sekitar 40 rb/20 sachet, karena produk import.Demikian juga pupuk ,kalau dipasaran sekitar Rp.25.000/botol,msh wajar kalau di MLM harganya 30 rb.
    Kwalitas biasanya lbh bagus.

    Ok,selamat memilih bisnis yang cocok untuk anda,teliti sendiri bisnis yang akan anda tekuni, baca proposalnya/sales kitnya dan selidiki kondisi orang telah menjalankannya.

    Best regards
    Stefanus Soerjanto

    Komentar oleh Soerjanto — September 7, 2008 @ 2:28 am |Balas

  54. Sudah Menipu Sombong…
    Sebagai contoh (maaf)Tiens.
    1. Ngaku-ngaku Mr.Li orang terkaya di China, ternyata menurut Forbes nomor 188.
    2. Temenku dah dpt BMW, selidik punya selidik ternyata kredit.
    3. Tetanggaku katanya dah pasif income, ternyata punya kredit di bank, nunggak lagi.
    4. Acara tanggal 24 AGustus dihadiri pr4esiden, ternyata Presiden malah menghadiri lomba lukis dan baca puisi.
    5. Agrobost katanya gak dijual konvensional tetapi melalui Golden Harvestnya Tiens, tyt masih tetep scr konvensional (kemarin aku lihat secara keagenan).

    MANA JANJIMU?

    Komentar oleh rodi — September 8, 2008 @ 2:33 am |Balas

  55. Mengenai bisnis MLM …menurut saya tidak ada yang salah …karena Jika ada kemauan pasti ada jalan,beitupula dengan bisnis apa saja di dunia ini,jika tidak yakin dan tidak tahu ilmu-nya .. yach tetapaja bangkrut …..kemudian tentang Tiansi (maaf nich member tiansi yang masih aktif ) ..jujur saya,(bukan nyombong) … sebagai orang yang sudah makan asam garam bisnis konvensional…tujuan kita berbisnis itu untuk jangka panjang …dan saya di bisnis konvensional selalu bekerja sama dengan orang dan fihak yang sama-sama menjaga kredibilitas dan kepercayaan ..karena kita sama-sama bertujuan jangka panjang …. dan jika salah satu pihak melanggar kepercayaan dan kredibilitas tersebut (apalagi disertai bukti-bukti yang kuat)…saya langsung memutuskan hubungan kerja sama tersebut.. tapi jika pihak terebut mau memperbaiki kesalahannya dan berjanji tidak akan melakukan perbuatan tercela tersebut .. yo wis monggo kita kerja sama lagi ,no problem …. Nach, sekarangkita lari ke kasus Tianshi … saya yakin tiansi perusahaan yang baik… tapi saya tidak tahu apakah pemiliknya menjadi serakah atau pengen cepet kaya .. jadiakhirnya tiansi melakukan cara-cara yang tidak terpuji …dan di dunia ini KEBENARAN dan FAKTA yang membuat tianshi menjadi jelek…sangat di sayangkan … Jujur saya-pun member tianshi, tapi karena hal tersebut ..saya akhirnya mengundurkan diri. Melihat fenomena tianshi seperti ini , saya jadi teringat perusahaan agribisnis QURNIA SUBUR ALAM RAYA milik RAMLY ARABY,di sini baik Ramli atan Mr.Li memiliki cara yang sama untuk mempromosikan bisnisnya, mereka berdua berhasil mengundang para petinggi negeri ini sebagai jaminan bahwa bisnisnya di restui …. dan akhirnya ….sekalilagi KEBENARAN DAN FAKTA yang berbicara, PT. QSAR HANCUR, PARA INVESTOR NGAMUK DAN BERAPA BANYAK ORANG YANG DIZOLIMI

    Komentar oleh yuda — September 8, 2008 @ 7:22 am |Balas

  56. numpang lewat buat yg bikin blog ini,nama g agus sentosa,g jg member tianshi,g cm mau bilang,maafin aja org2 tians yang menjalankan bisnisnya dgn cara mereka sendiri. kan lagi bln puasa.hehe… salam kenal y

    Komentar oleh agus — September 16, 2008 @ 12:18 am |Balas

  57. emang lo bsa sehebat dia bsa keliling dunia cma buat liburan…??? bkan buat kerja. Itukan cma msa lalunya, cba liat diya skrng!!! Mangnya lo bsa sukses kyak dia???? Yg goblog itu lo!!!!!!!!!

    Komentar oleh KOeng — September 17, 2008 @ 4:00 pm |Balas

  58. ORANG KAYA ITU RENDAH HATI
    ORANG MISKIN ITU SOMBONG
    JADI YANG NEGATIF TENTANG
    AMWAY/N21
    ADALAH ORANG MISKIN INFORMASI YANG 2010 NANTI MDH2AN KITA TIDAK BERTEMU DENGANMU SOBAT DI BAWAH KOLONG JEMBATAN
    KRISMON 1 97-98 MSH TERASA HARI INI
    THN 2010 KRISMON 2,MUSIM PANAS YG SANGAT PANJANG,PASAR BEBAS OPEN TBNG ELPIJI DIPERKIRAKAN NAIK 275RB-350RB BHN BKR 25RB-55RB/LTRNYA YNG KAYA MAKIN KAYA KALIAN ORANG NEGATIF SUDAH MISKIN MAKIN MISKIN
    MAU BUKTI SAMPAI KETEMU DI 2010
    HARI INI WAKTU KALIAN LAHIR SDH BRP BNYK UANG ORANG TUA KALIAN PAKAI SDH BISA KMBLKN BELUM?
    KALAU BELUM TIDAK USAH SOMBONG BICARA KERJA SAJA PUNYA GAJI PAS PAS AN MASIH UNTUNG ORANG YG JLNK AMWAY/N21 DITOLAK TAPI TETAP POSITIF TIDAK TARUH GIGIMU DI TONG SAMPAH.
    INFORMASI MENYELAMATKAN KITA
    COBA LHT KALAU SAJA ADA INFO TSUNAMI DI ACEH BRP RAKYAT YG SELAMAT??
    ADAKAH KEMAMPUANMU SEPERTI AA GYMN DATANGKAN KAPAL INDUK AS BKRJ SAMA DNGN DOUG WEAD PNSHT PRES AS ORANG AMWAY/N21 BANTU KORBAN DI ACEH DAN WILAYAH SUMATERA
    PALING JUGA DUIT DI KANTONG KALIAN ORANG NEGATIF
    500 RUPIAH SANGKING MISKINNYA MAU BANTU SIAPA?
    COBA BERFIKIR POSITIF
    KRN MIMPI MANUSIA KITA BISA JLJH GALAKSI KAMU JG PLNG HDP DI BWH KOLONG JMBTN TAMPANG SJ KEREN MANDI DI SUNGAI

    Komentar oleh KOeng — September 17, 2008 @ 4:09 pm |Balas

  59. bisnis mlm adalah bullshit belaka! saya pernah berdebat face to face dengan tianshit bintang 5 en dia kalah telak dalam berdebat tapi tetep ngeyel, temen2 saya banayk yg jadi korban olehnya!
    biasa yg jadi korban adlah mahasiswa baru, fenomena seperti ini terjadi jogjakarta dan kota pelajar lainnya

    Komentar oleh wox — September 18, 2008 @ 12:50 am |Balas

  60. semua oarang punya harapan, orang mlm bekerja saya pikir tidak masalah, tapi ada beberapa hal yang barangkali perlu saya ingatkan, pelajari yang penting dalam penjualan apalagi dalam MLM, pelajari konsumen (jangan memberatkan atau terpaksa pakai sendiri), pelajari keunggulan barang dan harga, pelajari kejenuhan pasar dan bagi kamu orang islam pelajari juga hukum jual beli, makelar dan akadnya,

    Komentar oleh ali — September 22, 2008 @ 6:14 am |Balas

  61. A wise man will be master of his mind, a fool will be its slave

    Komentar oleh deber — Oktober 6, 2008 @ 2:24 am |Balas

  62. 10 Menit Tips Bekerja dari Rumah
    Langkah Praktis Bekerja Dari Rumah
    Simpel dan Menghasilkan Jutaan Rupiah !
    http://www.wfhid.com/awi

    Komentar oleh bekerja dari rumah — Oktober 11, 2008 @ 4:47 pm |Balas

  63. ga usah jauh2 dah…
    bandingin aj kata2 org mlm ama anti mlm…
    berdedikasi tinggi dan sebaliknya… liat comment2 sblm2nya…
    ckckck…

    Komentar oleh mlmers — Oktober 11, 2008 @ 6:39 pm |Balas

  64. # rodi

    Teman2 tien, bener gak yg dikatakan mas Rodi, terutama point 1 dan point 4. Kalo mmg benar gw gak jadi join ah, soalnya kenalan gw jg ngomong kaya gitu. Artinya mereka menipu dong, mengatakan yg tidak sebenarnya…

    mohon penjelasan…

    Komentar oleh HQ — Oktober 24, 2008 @ 5:52 am |Balas

  65. jangan begitu mas, memang saya juga mengakui bahwa para pelaku mlm itu selalu ndobos, itulah salahnya mereka, padahal ada satu perusahaan mlm yang fokus di produk, dan tidak ndobos kekayaan 🙂

    Komentar oleh sehatmu — Oktober 29, 2008 @ 1:16 pm |Balas

  66. Ga bagus itu mlm…Masa semua orang dijakin termasuk yang masih muda2..Apa jadinya Indonesia ini kalo yang muda2 cuman punya impian nganggur? Cuman dikit yang berhasil bung.

    Contohnya aja di Universitas gw( ITTelkom)..Udah abis yang mw diprospekin(banyak yang nolak…Bagus itu..).Pasarnya jg udah jenuh n mentok…Terus kalu udah begini siapa yang mw diprospekin? pasti anak baru kan? Itu aja pasti rebutan. Begitulah mlm masa depan. Ketika udah abis, ga ada lagi yang diprospekin. Terus gimana nasib para distributor kelas bawah? Mlm = money game + produk

    Kalu semua orang mlm…siapa yang mau jadi Dokter, Petani, Guru, Sopir angkot, Dosen, Pelukis, Koki, Tukang warteg? Kalu lw sakit masak yang ngobatin duit lw. Kalu laper ga mungkin makan duit. BEras yang kita beli dari Petani kan?

    Ampe menghina pegawai n pekerjaan laen ga bakalan Sukses.Mendingan gw kerja yang bagus.Pulang jam 4 juga ga papa. Setidaknya memberikan bukti pada istri gw ntar kalu gw masih berusaha buat diya. Ntar hari sabtu minggu pelampiasan jalan2 romantis. Ga seru setiap hari kalu duduk2 nganggur doank ato setiap hari jalan2. Ga ada Seninya. RLOL

    Bagi kalian yang pro Mlm, apakah semua impian bisa didapet dengan duit n duit cuman dari MlM? Gemana kalu impian gw cuman dapetin istri yang baek? apa gw harus nyogok cewek buat cinta ama gw( Basi Bangetz dah!…si robert angkasa aj dicerain tuh) ?

    Awas, jangan ikut seminarnya…ntar kalian semua terkena genjutsu(braincontrol ala naruto..huauuhahua) leader2…itu. huahauhauhauah.

    Komentar oleh MeLaTi_PuTiH — November 2, 2008 @ 8:36 am |Balas

  67. saya bersyukur akhirnya terbukti jug abahwa si Robert itu akhirnya bercerai, itulah oran gyang selalu alih alih berlagak suci dan harmonis tetapi kenyataannya jauhberbeda. Alhamdulillah suami saya sudah meninggalkan bisnis Amway sebelum menikah dengan saya, karena say amuak dan jijik, melihat mereka mendewa dewakan Robert Angkasa. Tuhan bukan, Nabi bukan, tapi kok di sembah kayak raja…

    Komentar oleh Purbaningrum Sasmita — November 5, 2008 @ 10:14 am |Balas

  68. kalau mau kaya, ya kerja keras…kalau cuma sekedar dibayarinke luar negeri sudah bangga sih bukan suatu prestasi. bener nggak?

    Komentar oleh Purbaningrum Sasmita — November 5, 2008 @ 10:15 am |Balas

  69. Teman,

    Kenapa anda tidak melihat MLM merupakan suatu bisnis biasa, dan coba rendah hati untuk memahami dan mempelajarinya. Anda belum/tidak mengerti, tapi sudah komentar seperti orang yang paling ngerti (seperti komentator bola di TV)

    Kalau anda perhatikan, sebenarnya bisnis MLM adalah turunan dari bisnis konvensional dan Franchise. Yang pernah saya pelajari waktu saya ambil S2 MBA di US, Kalau bisnis anda mau maju dan berkembang, maka lakukanlah duplikasi bisnis anda sebanyak mungkin. Itulah yang dilakukan McDonal dengan membuka cabang hampir di seluruh dunia.

    Artinya apa, kalau anda ingin sukses di MLM, maka duplikasikan diri anda ke downline anda, sudah tentu dengan KERJA KERAS yang anda lakukan. Semua orang yang sukses di MLM saya bisa jamin dia adalah PEKERJA KERAS. Sebenarnya di bisnis APAPUN, anda harus KERJA KERAS UNTUK SUKSES.

    Prospek yang mereka lakukan, sebenarnya adalah salah satu proses KERJA KERAS mereka. Anda harus tau, lebih dari 1000 kali founder KFC menawarkan resepnya ke orang lain, baru bisa di terima dan akhirnya berkembang sampai ke seluruh dunia seperti sekarang.

    Makanya, orang yang sukses di MLM mereka akan mempunyai mental yang lebih baik karena sudah teruji oleh waktu dan proses yang sudah di jalanin

    Komentar oleh J4k4 — November 13, 2008 @ 9:26 am |Balas

  70. MELIHAT KOMENTAR-KOMENTAR YANG SEBELUMNYA, SAYA GA HERAN KENAPA LEBIH SEDIKIT ORANG-ORANG SUKSES, KARENA ORANG SUKSES LEBIH POSITIF DAN JUJUR

    SEDANGKAN ORANG GAGAL LEBIH BANYAK MENJELEK-JELEKAN, DAN SELALU PUNYA BANYAK ALASAN, MAKANYA GAGAL.

    ORANG SUKSES MAH CUKUP SATU ALASAN AJA, BUKAN KAYAK ORANG YANG BANYAK OMONG, MAKANYA GAGAL

    A WISE MAN WILL BE MASTER OF HIS MIND, A FOOL WILL BE ITS SLAVE

    Komentar oleh RICO — November 19, 2008 @ 2:24 am |Balas

  71. SAYA RASA JUGA SUDAH MENJADI TABIAT WARGA BANGSA INI BAHWA JIKA GAGAL PASTI MENJELEK-JELEKAN PIHAK LAIN

    BELAJAR LAH DARI AMERIKA,, ORANG KENYA YANG TAK PERNAH MENGAKU TERBAIK, TAPI TERBUKTI SUDAH ADA ORANG KENYA (KULIT HITAM) YANG MENJADI PRESIDEN BAGI BANGSA KULIT PUTIH (AMERIKA) : BARACK OBAMA

    WAHAI ORANG-ORANG GAGAL,, SAYA LUCU LIAT KALIAN, UDAH GAGAL MASIH PUNYA BANYAK ALASAN PULA, CK..CK..CK…

    Komentar oleh RICO — November 19, 2008 @ 2:29 am |Balas

  72. inilah yg gk q suka dr MLM…sukses ya sukses…!!!!
    tp gk perlu njelek2in orang yg gk ikut…!!!!

    kalian semua tu SOK…!!!!!

    kaya’ yg membuat kaya i2 usaha kalian aja..

    bukannya bersyukur ke’..!!!!
    malah njelek2in yg miskin ke’ yg gk punya waktu ke’..!!!!

    yg gk ikut ya biarin gk ikut po’o…!!!!jo’ maksa…!!!!

    Komentar oleh I'am — November 20, 2008 @ 7:29 am |Balas

  73. Diplikasi pa maksa….!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

    Komentar oleh I'am — November 20, 2008 @ 7:32 am |Balas

  74. Miliki SEGERA Panduan Jitu Pasif Income Halal Dengan Jujur, Pintar dan Efektif

    Komentar oleh xtract90 — November 24, 2008 @ 5:07 am |Balas

  75. Miliki SEGERA Panduan Jitu Pasif Income Halal Dengan Jujur, Pintar dan Efektif

    http://uangpanas.com/?id=profitcenter

    Komentar oleh xtract90 — November 24, 2008 @ 5:12 am |Balas

  76. asyiik juga baca komentar yang menarik semua, yang jelas sy udah pakai nutrilite sejak tahun 2002,…dan sy sebagai pegawai negeri, kalau ada kawan yang kurang enak badan, sy tawarin aja vitamin nutrilite,..kalau mau beli okey…kalau nggak , ya nggak papa,…karena peluang bisnisnya…ya coba-2 ceritain sama kawan,…barangkali mau jadi mitra juga,…kalau mau gabung , teman belanja barangnya lebih murah, dan yang nawarin dapat omset aja,…mulai 3% sd 21 %,…sedikit demi sedikit,…ya akhir bisa banyak juga mitra lewat promosi getok tular tsb,…eeh siapa tahu …bisa kualifikasi yang stabil utk dapat royalti 4 %,.gak banyak ..lumayan,…karena dianggap berjasa membangun jalur distribusi perpindahan barang dari pabrik ke konsumen secara perorangan.
    okey…kan,…coba aja gabung , 3 bulan gak okey, uang bisa kembali kok.
    Sukses selalu dari apa yang kita upayakan

    Komentar oleh rahardjo priambodo — November 25, 2008 @ 7:30 pm |Balas

  77. Bagi saya, yang jelas Anda masih punya waktu untuk berpikiran negatif dan menyampaikan hal negatif. Tapi itu pun bukan masalah, itu pilihan Anda.

    Orang sukses dg jiwa yg besar,tidak akan sempat terlintas di benaknya unt berpikir negatif spt Anda, krn mrk mampu unt menghargai siapapun. Dan itu SALAH SATU ciri Leader-Leader kami.

    Good luck dan all the best untuk semuanya..memang banyak jalan menuju Roma, dan kami, saya dan istri saya, bangga dan bersyukur menjadi member Amway dg sistem Network Twentyone (N21).
    ..Andai Anda sempat mengenalnya dari kacamata dan informasi yg benar 🙂

    Komentar oleh Faiz, Psikolog, Yogya. — November 28, 2008 @ 3:08 pm |Balas

  78. Klo memang anda memiliki usaha lain yang dapat anda jadikan kendaraan anda menuju sukses ya lakukanlah hal itu. Saya rasa tidak ada yang salah dengan MLM. Orang berpendapat negatif terhadap MLM karena biasanya mereka belum memiliki informasi yang lengkap dan belum melihat bukti2 orang2 yang sudah sukses di bisnis MLM. Dan terutama orang2 berpendapat negatif terhadap MLM (seperti saya dulu) karena cara mereka menawarkan terkadang setengah memaksa dan kita jadi kesal. Yang ada malah kita menjelekkan MLMnya. Padahal itu kejelekan teman kita yang menawarkannya tidak dengan cara yang professional. Klo memang kita gak mau ya jangan dipaksa. Ibarat menawarkan itu hanya untuk agar kita melihat visi misi dari suatu usaha MLM, klo memang kita punya kesibukan atau memang punya bisnis lain yang lebih menjanjikan daripada MLM ya lakukanlah. Begitu menurut saya. Yang pasti kita berusaha untuk efektif dan smart aja. Sukses untuk semua 🙂

    Komentar oleh mau berhasil — Desember 2, 2008 @ 12:17 am |Balas

  79. Rekan2, baik yg pro MLM maupun anti MLM, saya pribadi pernah menjalankan MLM dan tetapi karena banyak efek negatifnya bagi kehidupan pribadi saya (terutama dari sisi waktu untuk keluarga) saya memutuskan berhenti. Saya hanya menjadi user dari berbagai produk yg saya telah coba dan saya rasakan manfaatnya. (Tiap bisnis MLM punya produk unggulan anda bisa tahu sendiri). Sekarang saya menekuni “Internet Marketing”, yang ternyata di dunia internet marketing pun banyak bisnis model MLM yang di onlinekan. Pilihan semua tergantung dari rekan2, bedanya menjalankan suatu bisnis yg bersifat marketing, apakah itu MLM ataupun Pemasaran Produk secara Konvensional/Direct Marketing, anda perlu berpegang pada prinsip prinsip dasar kegiatan Marketing/Pemasaran.
    Bedanya, kalau follow up di bisnis online bisa dilakukan melalui email dan link menuju web/blog yg berisi informasi yg lebih lengkap agar customer dapat pencerahan yang lebih meyakinikan untuk pada akhirnya memutuskan untuk beli product kita.

    Salah satu contoh yg bisa saya tunjukkan adalah pada web saya ini:
    http://www.XtremWealth.com terlepas anda tertarik atau tidak ini adalah contoh kegiatan presentasi secara online.
    Di akhir presentasi anda akan diminta mengisi data anda + email itupun tergantung anda kalau tidak tertarik tdk usah diisi.
    Inilah contoh yg benar dalam mendapatkan prospect karena kita tidak membombardir orang yg tidak kita kenal dng email tanpa izin (SPAM).

    Akhir kata, kita boleh berdebat pro MLM ataupun anti MLM tapi jangan lupa tetap semangat berjuang mencarai peluang2 bisnis baru yang bisa kita garap di saat krisis global ini.

    Buat yg ingin belajar banyak disemua area bisnis, finansial, pengembangan pribadi, pendidikan anak dan anda memang punya dana lebih saat ini, saya sangat anjurkan untuk berlangganak “Home Study Course” dari Emerald Passport Publishing. Selengkapnya anda lihat di http://www.productwow.com

    Untuk rekan yg masih penasaran dengan Networkmarketing silahkan kirim email anda ke elman08@gmail.com, saya akan kirimkan artikel yg sangat bagus berjudul: “7 Great lies of Network Marketing Business”. Artikel ini sangat bagus untuk anda menyikapi bisnis MLM/Networkmarketing secara lebih jernih.

    Ok Salam Sukses untuk semua, dan tetap semangat!

    Elman S

    Komentar oleh Elman — Desember 22, 2008 @ 3:55 am |Balas

  80. MLM ……… hmmmmm ………….
    Sebuah NAMA yg selalu menjadi indah dan tidak indah. Indah bagi pelakunyadan tidak indah bagi yg ngerti akan kelemahan sistemnya.

    Bagi pelakunya : Di surat kabar terbitan esok hari ditulis dengan sangat jelas “TIANSHI BANGRUT” atau “K-link BANGKRUT” atau yg lainnya (maaf klo pinjem namanya). Apa respon bagi pelakunya?
    Klo dia sudah ada di tingkat atas pasti berkomentar “Biarlah bangkrut, toh aku sudah merasakan hasil kerja kerasku”. Tapi bagi yg hari kemaren (sebelum koran itu terbit) masuk ke dalam jaringan itu akan berkomentar “Wah klo tau mau bangkrut aku gak akan ikut, mungkin bukan rezekinya, lagian cuma keluar uang xx.xxx,- rupiah”. Dan bagi yg mulai masuk ke jenjang karir *2, *3, dst,apakah komentar anda?

    Bagi yg tau kelemahan sistemnya : sebuah kenyataan juga bahwa permainan kata-kata, janji-janji, mimpi-mimpi, dan keindahan materi merupakan sesuatu yg masih mudah diterima di negara kita. Dan ini sekarang jadi trend bagi mereka yg bergelut di dunia POLITIK. Apa yg keluar dari komentar para pelaku MLM itupun juga merupakan sebuah kenyataan. Kenyataan akan apa yg juga anda harus bisa terima.
    ————————————————————-
    Saya hanya ingin negara kita menjadi negara yg sejahtera, makmur, dan damai. Entahlah ……….. kapan keinginan tersebut bisa aku lihat dengan mata kepalaku sendiri.

    Komentar oleh qnoy — Desember 28, 2008 @ 4:29 pm |Balas

  81. Saya lihat bisnis MLM ini sama dengan bisnis lainnya. Positifnya, di bisnis ini kita diajarkan untuk selalu berpikir positif. Untuk anda yang negatif, coba tanyakan pada diri anda sendiri, apakah di lingkungan anda ada yang selalu menyemangati anda, termasuk bos anda? Saya rasa tidak. Lingkungan di luar kebanyakan adalah lingkungan yang negatif. Lagi pula pelaku MLM juga ada yang posisi di kantornya sudah mantap, seperti manager, direktur, bahkan presiden direktur sekalipun !! Saya raa tingkat intelektualitas mereka cukup tinggi untuk bisa mengerti apakah bisnis MLM yang mereka jalankan itu menipu atau tidak. Sayangnya, yang banyak negatif adalah orang-orang yang penghasilannya kecil, yang tidak mau dibantu untuk menjadi sukses seperti anda yang negatif ini.

    Komentar oleh nana — Desember 31, 2008 @ 9:14 am |Balas

  82. Konsep MLM itu sebenarnya bagus. Bila ada yang kurang sreg dengan cara distributornya dalam memprospek, harap maklum karena di dalam MLM semua orang belajar, mulai dari distrbutor baru sampai yang sudah berhasil. Di komunitas ini diajarkan untuk menjadi manusia pembelajar. Karena namanya juga belajar, maka perubahan sikap, emosi, dan spiritual juga mengalami peningkatan, baik cepat maupun perlahan, baik melalui penolakan oleh prospek atau lainnya. (Baca Buku “Business School karya Robert T. Kiyosaki). Karena setiap manusia berbeda maka tanggapan terhadap penolakan yang dialami berbeda pula. Ada yang langsung marah, ada juga yang adem ayem. Di bisnis ini manusia diajarkan untuk meredam egonya dan mengalahkan dirinay sendiri. Karena apa? Karena musuh kita yang terbesar justru adalah diri kita sendiri.
    Sebagai penutup : Bisnis MLM ini layak dijalani. Bila Anda belum tertarik, coba lakukan uji kelayakan dulu. Tidak usah bergabung dulu jika belum yakin, tetapi lihat dulu informasinya melalui presentasi2nya. ambillah keputusan setelah mendapat informasi yang tepat.

    Komentar oleh nana — Desember 31, 2008 @ 9:32 am |Balas

  83. mau mlm kek, jadi pegawai kek, jadi pengusaha yang konvensional kek, yang penting cari duit halal, jaman gini masih negatip aja pikirannya. ga ada salahnya juga ikut mlm, ga rugi kok

    Komentar oleh doel — Januari 9, 2009 @ 3:18 pm |Balas

  84. Bagi mlmers dan anti mlm marilah bersatu walau pandangan kalian berbeda.Sekarang lebih baik membangun bangsa dari keterpurukan ekonomi karena krisis global.Jadilah manusia yang berkualitas. Perbedaan itu wajar terjadi kok.Yang jelas sukses atau gagal akan menjadi milik kita.Jadi biarkanlah orang lain menjalankan apa yang menjadi pilihannya.Jangan di paksa dan jangan saling menghina.
    Keberhasilan seseorang tidak terlepas dari ikhtiar dan do’a.Apa pun pekerjaan atau pilihan anda setiap manusia di dunia ini berhak untuk mendapatkan kebahagiaan.Jadi kembalikan kepada diri kita sendiri sudahkah kita menjadi orang yang berguna bagi orang lain dan diri kita sendiri.Jenis pekerjaan apapun harus bekerja keras.Yang bekerja keras dapat uang yang malas gigit jari.

    Komentar oleh sadiah — Januari 10, 2009 @ 3:11 am |Balas

  85. okelah kalau kita sekarang gk saling memaksa.
    saya(anti mlmErs) tidak akan memaksa apa2….tapi situ(MLMers) juga jangan memaksa orang untuk join kalau udah gak mau,
    pake’ di iming2I segala.
    gk mau ya udah gk mau…….titik.

    Komentar oleh I'am — September 27, 2009 @ 6:21 am |Balas


RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: